Munas HIPMI Ricuh Sampai Adu Jotos, Begini Kronologinya!

Foto: Baku hantam diacara HIPMI, Solo, Senin (21/22/2022). (Tangkapan layar Instragram @suryoprabowo2011)

Video kericuhan Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Munas HIPMI) ke XVII di Hotel Alila, Solo viral di media sosial. Dari tayangan video, beberapa peserta ribut dengan peserta lainnya. Adu jotos pun terjadi.

Berdasarkan informasi yang diterima CNBC Indonesia dari peserta Munas HIPMI, Selasa (22/11/2022), pertengkaran yang terjadi benar adanya.

Hal ini bermula ketika ada perbedaan pendapat dari peserta hingga pimpinan sidang. Situasi sudah larut malam. Satu pihak menginginkan agar sidang dilanjutkan, namun di sisi lain ada yang meminta agar sidang ditunda sampai dengan sekarang.

Perdebatan yang tidak selesai dengan argumentasi berlanjut pada teriakan dan dorong-dorongan.

Pukul 10.00 WIB pagi ini, beberapa peserta sidang sudah mulai tampak hadir. Persiapan untuk dimulai sidang tengah berjalan. Tampak hadir juga Walikota Surakarta Gibran Rakabuming di lokasi untuk mediasi dan memastikan kericuhan sudah mereda.

Di luar gedung, juga tampak aparat keamanan dari Kepolisian dan TNI yang bersiaga.

Perkara ini disesalkan oleh masyarakat. Terlihat dari komentar di media sosial. Apalagi, acara tersebut dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sederet pejabat lainnya.

Dalam acara tersebut, Jokowi juga memberi arahan kepada para pengusaha muda agar mengedepankan situasi tetap adem. Dari rundown acara, Jokowi tertulis memberi arahan selama 10 menit atau dari 10.31-10.41 WIB.

“Dalam kondisi dunia yang sangat rentan seperti ini, menjelang pemilihan umum 2024, kita semua harus menjaga situasi politik tetap adem. Hangat bisa, tapi jangan panas,” kata Jokowi dilansir dari Instagramnya, Selasa (22/11/22).

Selain itu, beberapa pejabat lain pun terpantau mengikuti Munas HIPMI ini, mulai dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Ketua DPR Puan Maharani, hingga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Ada 3 calon ketua umum BPP HIPMI yang akan berkontestasi pada Munas kali ini. Mereka adalah Anggawira, Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI; Akbar Himawan Buchari, Wakil Ketua Umum BPP HIPMI; dan Bagas Adhadirgha, Sekretaris Jenderal BPP HIPMI. (CNBCindonesia)

Tinggalkan Komentar

Silahkan masukan komentar
Masukan nama disini