Tingkatkan Kompetensi Humas, UM Jambi Ikuti Workshop Pengembangan Humas PTMA Batch II

Nuansajambi.com – Dalam rangka memperkuat kompetensi humas, UM Jambi Ikuti Workshop Pengembangan Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah ( PTMA ) Batch II.

Workshop yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bekerja sama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (APIK PTMA), akan berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 4 – 7 Agustus 2022 dan dilaksanakan dihotel Grand Rohan Jogja.

Workshop diikuti oleh beberapa daerah yang memiliki PTMA seperti, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Palembang, Riau, Bengkulu, Pontianak, Banjarmasin, Berau, Jakarta, Ciamis, Bandung, Bekasi, Tangerang, Sukabumi, Kuningan, Purwokerto, Purworejo, Yogya, Karanganyar, Solo, Malang, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Semarang, Makassar, Maumere, Sorong, Maluku Utara termasuk dari Jambi.

Universitas Muhammadiyah Jambi ( UM Jambi ) turut mendelegasikan perwakilannya yaitu Lisa Haryani, S.P selaku Kepala Biro Humas protokoler,Promosi, dan PMB ( HP3 ) untuk ikut serta dalam workshop ini.

UM Jambi sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah ( AUM ) di provinsi Jambi, sudah selayaknya dan sepatutnya untuk selalu mengembangkan diri menjadi salah satu perguruan tinggi yang bisa disandingkan dengan perguruan tinggi negeri. Pengembangan diri harus di support oleh semua elemen, baik dari dalam kampus maupun dari luar kampus.

Lisa menyampaikan bahwa Humas sangat berperan penting dalam menjebatani antara elemen luar kampus dengan elemen didalam kampus.

“Elemen dari luar kampus, seperti Pimpinan wilayah Muhammadiyah setempat, warga Muhammadiyah, masyarakat umum, instansi pemerintah, maupun instansi swasta. Jembatan antara elemen luar dengan kampus itulah dibutuhkan bidang humas” Ujar Lisa.

“Mengingat pentingnya bidang humas, maka diperlukan keterampilan dalam membangung komunikasi. Salah satu upaya memperkuat kompetensi kehumasan itu dengan mengikuti acara – acara Workshop seperti ini” Sambungnya.

Workshop ditujukan untuk meningkatkan kapasitas kehumasan sebagai upaya untuk membangun komunikasi yang baik terhadap publik sehingga mampu membentuk Branding PTMA di tengah-tengah masyarakat.

Materi yang akan disampaikan dalam acara tersebut, secara garis besar mengacu kepada materi – materi yang bertujuan untuk membangun branding PTMA, mengelola krisis komunikasi, hingga membangun kesatuan narasi PTMA, peserta diharapkan bisa mengembangkan ilmu yang didapat untuk pengelolaan humas yang lebih baik. ***