Ikut Rakernas ke XIII di Bali, Bupati Batanghari Dipercaya Sebagai Sekretaris Kerjasama Bidang BUMN,BUMD, dan BumDes

Bupati Fadhil Arief saat menghadiri acara Rakernas ke XIII di Bali

Nuansajambi.com- Sebagai wadah pemerintah kabupaten, Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia atau disingkat Apkasi memiliki tugas-tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi daerah di tingkat kabupaten berjalan baik, memiliki semangat kuat dalam membangun daerahnya dan sebagai mitra strategis antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten. Tugas-tugas Apkasi diantaranya memasilitasi kepentingan pemerintah kabupaten dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah sesuai hakekat otonomi daerah.

Sesuai dasar pembentukannya pada tahun 2000, Apkasi memiliki tugas pokok sebagai penyedia Advokasi, Mediasi dan Fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dan instansi lainnya sesuai hakekat otonomi daerah.

Adapun fungsi APKASI antara lain, mitra kritis dan strategis pemerintah dalam penyusunan kebijakan nasional tentang pemerintah daerah, fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah, memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi, memfasilitasi pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerintah daerah, mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapai persaingan regional dan global, Apkasi bermitra dengan pemerintah dalam rangka diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan, serta kebijakan di bidang otonomi daerah.

Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief (MFA) mendapat kepercayaan oleh Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE menjadi Sekretaris bidang kerjsama BUMN, BUMD, BumDes yang dikukuhkan oleh dewan pengurus APKASI ( Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) masa bakti 2021-2026 dan Rakernas XIII APKASI 2021 di Pecatu Ballroom, BNDCC, di Bali Nusa Dua, Badung Bali, pada Sabtu (19/6/2021).

Adapun pengukuhan Apkasi ini langsung dikukuhkan oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian pada kegiatan kedua Apkasi melakukan Rapat Kerja Nasional ( Rakernas) ke -XIII dengan tema membangun ekonomi daerah dimasa pandemi covid-19

Ikut pada acara itu sebanyak 114 bupati secara resmi dikukuhkan sebagai Dewan Pengurus Apkasi Masa Bhakti 2021-2026 disaksikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian didamping Gubernur Bali I Wayan Koster di BNDCC, Badung-Bali.

Acara yang berlangsung di Pecatu Ballroom, BNDCC Nusa Dua Bali ini dibuka oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian.

Dalam sambutannya Tito menjelaskan, sesuai dasar pembentukannya pada Tahun 2000, Apkasi memiliki tugas pokok sebagai penyedia advokasi, mediasi dan fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dan instansi lainnya sesuai hakikat otonomi daerah. Sedangkan fungsinya adalah memfasilitasi pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerintah daerah.

Pada kesempatan itu, Tito Karnavian pun mengingatkan para kepala daerah untuk melakukan konsolidasi anggaran.

“Yang namanya konsolidasi anggaran itu betul-betul harus kita lakukan apalagi di tengah anggaran kita yang goncang seperti sekarang ini akibat pandemi Covid-19,” ujar Tito.