Bupati Fadhil Arief Setujui Lima ASN Ikut Pilkades Agustus Mendatang

Loading...

Nuansajambi.com – Tidak hanya dari kalangan non Aparatur Sipil Negara (ASN ), ternyata yang berstatus ASN juga tertarik mengikuti ajang Pilkades pada 27 Agustus 2021 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Mutasi dan Promosi BKPSDMD Batanghari Dwi Hadi Sucipto, SH kepada jurnalis ini di ruang kerjanya pada Rabu (16/06/2021).

Ia mengatakan, ada sebanyak 9 berkas untuk mengajukan cuti, karena mau ikut Pilkades. Namun , dari 9 berkas itu satu orang membatalkan ikut Pilkades. Jadi hanya 8 berkas lagi yang diajukan ke Bupati Batanghari.

Tetapi dari delapan berkas tersebut, hanya 5 ASN berkas yang setujui oleh untuk ikut pencalonan Kades pada Pilkades.

Menurut Dwi Hadi, adapun satu orang yang batal karena dia ikut pelantikan jabatan baru beberapa waktu lalu.

Semenatara lima yang mengajukan permohonan izin ke BKPSDMD Batanghari untuk ikut serta dalam bursa pencalonan di Pilkades yakni ASN yang bertugas di kantor Kecamatan.

“lima berkas ASN yang telah disetujui yaitu, Ardani dari Kecamatan Bajubang, Syafrizal dari Kecamatan Batin XXIV, M Nazir dari Kecamatan Mersam, Samadani ASN dari kantor DPRD Batanghari, dan Amran dari Kantor Camat Pemayung,” Jelas Dwi.

Adapun untuk tiga ASN masih di meja Bupati Batanghari atau masih di dalam proses. ” Belum diteken pak bupati. ” Ujar Dwi.

Tak hanya itu, Dwi juga menjelaskan sesuai dengan surat edaran BKN Nomor 04/SE/XII/2019 tentang tentang Pegawai negeri sipil yang di angkat menjadi kepala desa, masih berhak mendapatkan hak nya sebagai ASN.

” Apabila ASN terpilih menjadi Kepala Desa atau perangkat Desa, maka yang bersangkutan dibebas tugaskan dari jabatannya untuk sementara waktu, dan masih mendapatkan hak sebagai ASN,” Terangnya.

Sebagaimana diketahui hak yang masih diterima oleh ASN saat terpilih menjadi Kepala Desa diantaranya gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan pangan, serta pengajuan kenaikan gaji berkala.

Loading...