Begini Proses Terjadinya Bentrokan Pro KLB dengan Pro AHY di Deli Serdang

Loading...

Jalannya Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang digelar di Hotel The Hill, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang telah memutuskan Moeldoko menjadi ketua umum menggantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Meski begitu, KLB sempat diwarnai aksi kericuhan di sekitar area kongres pada Jumat (5/3/2021).

Seorang kader Partai Demokrat pro AHY, Pratama mengemukakan, sebelum kericuhan berlangsung mereka diketahui sedang berada di SPBU untuk menunggu kader partai yang lain.

Saat itu, kader Pro AHY sedang berkumpul dan rapat membahas strategi yang akan dilakukan. Adapun rapat tersebut, dipimpin langsung Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara (Sumut) Herri Zulkarnain.

“Kronologinya, posisi di situ lagi rapat pembahasan strategi yang mau dilakukan sembari nunggu massa dari Medan, pembahasannya di SPBU sama Herri, Lokot, Burhanuddin Sitepu sama ketua DPC yang lain,” ungkap Pratama seperti dilansir Digtara.com-jaringan Suara.com.

Namun tak berselang lama, mereka dikagetkan dengan massa pro KLB yang tiba-tiba datang menyerang.

“Baru 15 menit pembahasan tiba-tiba datang orang dari The Hill rombongan ke SPBU nyari ribut. Ya udah habis itu melayang-layanglah batu dan lainnya ke SPBU, langsung bubar semua,” jelasnya.

Kekinian, Pratama mengemukakan, jika rombongan massa pro AHY sudah terpecah.

“Sebagian ada yang ke Hill Park. Kalau Ketua Herri (Zulkarnain) dan pimpinan lainnya saya nggak tahu,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, hasil KLB Partai Demokrat di Sibolangit, Kabupaten Deliserdang mengukuhkan Ketua Syaf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum periode 2021-2025, Jumat (5/3/2021).

“Menimbang dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, menetapkan Jenderal (Purn) DR Moeldoko sebagai Ketua Umum DPP Demokrat hasil kongres luar biasa periode 2021-2025,” kata pimpinan sidang yang dibacakan Jhoni Allen Marbun.

Peserta kongres itu mengusulkan dua nama yakni Marzuki Alie dan nama Moeldoko sebagai calon.

Namun, Marzuki Alie mengundurkan diri dan dengan demikian secara otomatis menyatakan Moeldoko sebagai calon tunggal dan dinyatakan sebagai Ketua Umum DPP Partai Demorat hasil kongres luar biasa.

Sementara itu, Marzuki Alie ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Periode 2021-2025.

Loading...