Polresta Jambi Gagalkan Penyelundupan Puluhan Bal Pakaian Bekas Ilegal

Loading...

NuansaJambi.com, JAMBI – Tim Unit Tipidter Polresta Jambi mengamankan 20 bal yang berisi pakaian bekas asal Singapore, di gudang ekspedisi CV Mandiri Transport, Jalan Lingkar Selatan, RT 30, Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Paal Merah, Selasa (16/2) pukul 15.30 lalu.

Selain itu, turut pula diamankan Yasri (50) seorang sopir ekspedisi CV Madniri Transport di Palembang, warga Lorong LKMD LK I, Desa Betung, Kecamatan Betung, Kabupaten Bayuasin, Provinsi Sumatera Selatan dan rekannya, Mawardi (40) seorang pekerja, Jalan Kampung Baru, RT 35, Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin. Namun mereka masih dijadikan saksi.

Kanit Tipidter Satreskrim Polresta Jambi, Ipda Junaidi mengatakan, penangkapan ini berawal saat petugas sedang melakukan patroli antisipasi masuknya barang ilegal ke Kota Jambi. Saat melintas di TKP, petugas mencerugai adanya mobil ekspedisi yang sedang menurunkan barang muatannya berupa bal-bal karung.

“Karena curiga, kita langsung mengecek dan melakukan pemeriksaan terhadap isi karung tersebut. Saat dibuka, isi karung tersebut berisi pakaian bekas dari Singapore dan tidak mempunyai izin,” katanya.

Bahkan petugas sempat akan tertipu. Lantaran, pakaian bekas ilegal yang hendak dibawa ke Tembilahan , terlebih dahulu transit di Kota Jambi untuk dicampur dengan barang lain agar tidak dicurigai petugas.

“Jadi pakaian bekas ini rencannya akan diecerkan di Tembilahan oleh pelaku. Saat ini kita masih melakukan penyelidikan terhadap pemilik pakaian bekas tersebut,” jelasnya.

Junaidi menambahkan, bahwa pihaknya sudah mendapatkan identitas dari pemilik maupun pengirim pakaian bekas tersebut. Pelaku berinisial T yang merupakan warga Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

“Dari hasil tangkapan tersebut kita mengamankan 20 karung bal berisikan pakaian bekas dan surat jalan,” tambahnya.

Pelaku nantinya akan dikenakan pasal 35 ayat 1 huruf d, pasal 36 dan pasal 47 ayat 1 UU No 7 tahun 2014 tentang perdagangan dan atau pasal 8 ayat 2 UU no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. (Rie).

Loading...