Dinas Koperindag Batanghari Minta Koperasi Yang Aktif Laknsanakan RAT

Loading...

Nuansajambi.com – Hingga Desember 2021, dari 309 koperasi yang di Kabupaten Batanghari akan dibekukan 118 koperasi. Dan yang aktif hanya 191 koperasi. Pembekuan tersebut lansung dari pemerintahan pusat.

Menurut oleh Plt Kasi Kelembagaan Dinas Koperindag Batanghari, Ibrar, AM.d menuturkan, sepanjang tahun 2021 ini baru terdata sebanyak 6 koperasi yang telah melaporkan hasil dari RAT ke Dinas Perindagkop Kabupaten Batanghari.

” Dari data per 31 Desember 2020 lalu tercatat ada 309 koprasi, 191 diantaranya masih kategori aktif, dan 118 akan di bekukan,” Ujar Ibrar, A. Md kepada Jurnalis ini, Kamis (18/2/2021).

Lanjut Ibrar, mulai dari awal tahun 2021 hingga saat ini tim dari Dinas Koperindag melalui bidang Koperasi dan UKM selalu melakukan pembinaan terhadap koperasi yang aktif.

” Tugas kami hanya melakukan pembinaan, sosialisasi, serta pendampingan terhadap koperasi yang aktif di wilayah Kabupaten Batanghari,” Sambungnya.

” Apabila ada koperasi yang terkendala dalam RAT dapat berkoordinasi dengan kami di Dinas Koperindag bidang Koperasi dan UKM,” Terang Ibrar.

Hingga saat ini 6 koperasi yang sudah melaksanakan Rapat Akhir Tahun (RAT) yakni koperasi kemitraan 1, koperasi KPN 3, Koperasi Primer 1, dan Koperasi KSP 1.

” Batas waktu kepada koperasi yang harus melaksanakan Rapat Akhir Tahun selama yakni sampai dengan 31 Juni 2021 mendatang,” Jelasnya.

“ Kami juga berharap dari 191 koperasi yang aktif harus berupaya melaksanakan RAT secepatnya, jangan sampai ada lagi penambahan pembekuan koperasi.“ Pintanya.

Loading...