Tak Jauh Lagi, Masyrakat Minat Ternak Ikan Ada Jual Benih di Simpang Karmeo

Foto Ilustrasi Ternak Ikan
Loading...

Nuansajambi.com, BATANGHARI- Melalui UPTP PPBAT Simpang Karmeo, sejak berdiri dari tahun 2006 dengan luas lokasi lebih kurang 1,8 hektare, dengan personil/ kepegawaian 1 orang PNS sebagai kepala UPTP PPBAT dan 8 orang tenaga honor atau sebagai tenaga teknis.

Hal itu dikatakan oleh tenaga teknis pemasaran UPTP PPBAT Abdullah, pada Kamis, (15/10/2020), bahwasannya jumlah kolam 37 kolam dengan komonditas benih ikan nila, patin, dan lele.

Ia juga menyebutkan, target yang harus di capai, Nila dengan ukuran 2′ dengan jumlah 859.000 dan Nila dengan ukuran 2,5′ dengan jumlah 10.500, Patin dengan ukuran 2′ dengan jumlah 115.300 dan yang terakhir benih ikan Lele berjumlah 73.700 dengan total keseluruhan benih ikan yang ada di UPTP PPBAT Simpang Karmio 1.058.500, dengan setoran PAD di tahun 2020 berjumlah 98.225.000,

” Dengan harga benih per ekornya menurut Perda di tahun 2019 saat ini, benih ikan Nila dengan ukuran 2′ per ekornya 80 rupiah per ekornya, benih Ikan Nila dengan ukuran 2,5′ per ekornya 110 rupiah, patin 150 rupiah per ekordan yang terakhir benih ikan Lele 150 rupiah per ekornya.” Ujarnya.

Lanjut Plt. Kabid Novi, sebelumnya pada Peraturan Daerah tahun 2015 untuk tarif retribusi penjualan usaha daerah di UPTD PPBAT Simpang Karmio harga benih ikan Nila yang berukuran 2 inchi seharga 130 Rupiah per ekor, untuk benih ikan Patin berukuran 2 Inc seharga 180 Rupiah per ekor, dan benih Ikan Lele berukuran 2 ichi seharga Rp185 per ekor.

” Berbeda dengan Peraturan Daerah (Perda) Tahun 2019, tarif harga retribusi benih ikan mengalami penurunan diantaranya ikan Nila yang berukuran 2 Inchi seharga 80 Rupiah per ekor, untuk benih ikan Patin berukuran 2 Inchi seharga 150 Rupiah per ekor, dan untuk benih Ikan Lele berukuran 2 Inc seharga 150 Rupiah per ekor.” Tuturnya.

Dengan demikian di informasikan kepada seluruh masyarakat yang ingin membuat usaha kolam ikan tidak perlu jauh – jauh lagi untuk membeli benih ikan, dikarenakan benih ikan di UPTD PPBAT Simpang Karmio siap untuk di distribusikan kepada masyarakat.

” Untuk masyarakat yang ingin membuat usaha kolam ikan tidak perlu susah lagi dalam mencari benih jenis ikan Nila, Patin, dan Lele, karena ketiga jenis Benih Ikan tersebut tersedia di UPTD PPBAT Yang lokasinya di Desa Simpang Karmio,” Pungkasnya.

Senada dengan Plt.Kabid Produksi Perikanan, Kepala UPTD PPBAT yang diwakili oleh Asbullah sebagai tenaga teknis pemasaran juga mengatakan ada tiga jenis benih ikan yang telah siap di distribusikan ke masyarakat yang ingin membuat usaha kolam ikan.

” Tiga jenis benih ikan yang telah siap di distribusikan ke masyarakat maupun Pokdakan diantaranya benih ikan nila, benih ikan Patin, dan benih ikan lele,” Paparnya.

Lanjutnya, bagi yang berminat untuk membeli benih ikan bisa langsung datang ke UPTD PPBAT Simpang Karmio, bisa juga memesan benih ikan melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan, atau langsung ke kontak WA saya dengan nomor 0852-6677-8077.

“Dengan Perda terbaru berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Batanghari Nomor 04 Tahun 2019 tentang Retribusi Jasa Usaha,kami mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Batanghari agar dapat membeli benih ikan di UPTP PPBAT di Simpang Karmio, dikarenakan harga lebih terjangkau lebih murah untuk masyarakat yang ingin membudidaya benih ikan.” Sebutnya.

Loading...