Rumah Terendam Banjir, Warga Harap Pemkab dan Wakil Rakyat Cepat Tanggap

NuansaJambi.Com, BATANGHARI – Debit sungai batanghari terus mengalami peningkatan sehingga kebun karet, sawit dan rumah warga terendam banjir.

Seperti di Desa Rambutan Masam, Kecamatan Muara Tembesi, Batanghari. Sejumlah rumah maupun kebun warga sudah terendam.

Kepada media, Kadus Tanjung Pasir, Desa Rambutan Masam, Syaukani mengatakan, di Dusun Tanjung Pasir puluhan rumah warga terendam hingga sampai ke betis orang dewasa.

“Sekitar 30 rumah warga sudah terendam, dan kebun karet maupun sawit juga terendam. ” Ungkap Kadus Syaukani, Minggu (3/5/2020).

Sementara ternak warga, seperti sapi,kambing itik, dan ayam terpaksa diungsikan ke jalan. Karena hanya yang saat ini belum terendam banjir.

Pantauan dilapangan selain rumah warga, fasilitas pendidikan juga ikut terendam banjir, seperti madrasah ibtidaiyah dan Sekolah Dasar (SD). Sedangkan kondisi airnya berwarna kuning.

Nona salah seorang warga setempat mengatakan, air di dalam rumahnya suatu mencapai lutut orang dewasa. Kini terpaksa membuat tempat lebih tinggi di dalam rumah untuk tempat tidur dan istirahat .

” Kami buat tempat lagi untuk tidur , makan dan istirahat. ” Ungkapnya.

Dengan kondisi ini, warga berharap dari Pemkab Batanghari dan juga anggota dewan Dapil Tembesi untuk bertindak membantu warga setempat. Baik itu Sembako maupun obat-obat.

Dengan kondisi saat ini ekonomi warga ikut terpuruk karena, karet maupun kebun sayur-sayuran sudah terendam banjir.

” Semoga pemerintah maupun wakil rakyat segera tanggap untuk membantu warga, baik itu bahan makanan maupun obat-obat.” Kata Syaukani.

Labih lanjut Ia mengatakan, air yang kotor akan menimbulkan berbagai jenis penyakit, seperti gatal-gatal atau demam pilek.

(Syahreddy)