Masyarakat Minta Ketua RT Terpilih Harus Berperan Aktif

Calon Ketua RT dalam Desa Rambutan Masam
Loading...

NuansaJambi.Com, BATANGHARI – Patut di apresiasi, pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) dengan sistem demokrasi yang digelar di Dusun Tengah, Desa Rambutan Masam, Kecamatan Muara Tembesi, Batanghari pada Rabu (12/2/2020) berlangsung dengan damai.

Sebelumnya Ketua RT hanya ditunjuk oleh Kepada Desa. Namun berbeda dengan tahun ini, pemilihan Ketua RT dipilih secara langsung oleh masyarakat.

Untuk pemilihan Ketua RT di Dusun Tengah berlangsung di ruang kelas madrasah ibtidaiyah yang di mulai setelah shalat Isya sekira pukul 19.40 WIB.

Sistem pemilihan tidak jauh berbeda dengan Pemilihan Umum (Pemilu). Hanya saja kotak suara yang digunakan dari karton tempat air minum mineral.

Sementara untuk biaya konsumsi tidak ada anggaran dari Pemerintah Desa. Tetapi walaupun tidak ada anggarannya tidak mengurangi antusias masyakat untuk mengunakan hak pilih mereka.

” Kita patungan dari duit masing -masing, InsyaAllah kita ikhlas.” Kata Katua Panitia Suhali.

Adapun panitia terdiri dari Kadus Tengah Zarkoni, BPD Sobirin, Izhar, dan Yohana.

Untuk RT di Dusun Tengah terdiri dari 3 RT, yakni, RT 08, 09, dan RT 10.

Dari hasil perolehan suara untuk RT 08 diunggulkan Abdul Muis, RT 09 Ya’kub dan RT 10 Muslimin.

Dengan terpilihnya ketua RT itu, Muhammad Ali salah seorang tokoh masyarakat berharap agar ketua RT berperan aktif dalam setiap kegiatan di RT masing -masing. Karena lanjutnya, maju suatu desa adalah dari ujung tombak ketua RT yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

” Harus cepat tanggap terhadap kejadian dilingkungan , dan tetap monitor kegiatan warganya.” Pesan Muhammad Ali yang juga mantan Kadus Tengah.

(Syahreddy)

Loading...