Pesan Sekjen PWI Provinsi Jambi Kepada Rekan Media: Jaga Marwah Junalistik, Dan Jadikan Ladang Amal

Sekretaris PWI Provinsi Jambi, Heri Rawas
Loading...

NuansaJambi.Com, JAMBI – Persetujuan kemerdekaan, berekspresi, dan hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB.

Kemerdekaan pers adalah sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi, guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia.

Dalam mewujudkan kebebasan pers, perdebatan Indonesia juga mewujudkan kepentingan bangsa, tanggung jawab sosial, keberagaman masyarakat, dan norma-norma agama.

Dalam melakukan fungsi, hak, dan perannya, persepakatan hak setiap orang, karena itu tuntutan profesional dan terbuka untuk dikontrol oleh masyarakat.

Untuk menjamin kebebasan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, Indonesia mengeluarkan landasan moral dan keadilan sebagai pedoman operasional dalam kepercayaan publik dan menegakkan integrasi serta profesionalisme. Atas dasar itu, diterbitkan di Indonesia dan menaati Kode Etik Jurnalistik

Hal ini yang ditekan oleh Sekretaris PWI Provinsi Jambi Heri , agar para pelaku pemburu berita untuk tetap menjaga marwah jurnalis ditengah-tengah masyakarat dengan tetap teguh berpegang pada kode etik jurnalistik.

” Mari kita sama -sama menjaga profesi wartawan agar tidak tercoreng. Di dalam Kode Jurnalistik sudah dicantumkan Pasal 6 yan mana wartawan Indonesia tidak menyalahkan gunakan profesi dan tidak menerima suap. Dan masyakarat punya hak kontrol, laporkan ke dewan pers sesuai amanah UU 40/1999 Tentang Pers. ” Jelasnya , Sabtu (30/11) saat dihubungi Nuansajambi.com.

Dia juga mengatakan, sejatinya wartawan itu profesi mulai ketika menjaga kode etik jurnalistik dan kode etik perilaku pun juga harus di jaga.

“Tingkatkan profesionalisme kita selalu dengan belajar dan terus belajar, jadikan profesi kita untuk jalan mencapai kemuliaan dunia dan akhirat. Dan terus belajar hingga ke liang kubur, jadikan segala sesuatu ladang amal yang kita mampu dindo.” Pesan Pemimpin Redaksi Jambidaily.com itu.

Loading...