Prihatin Kabut Asap, Wartawan Bersama Humas Pemkab Tanjabbar Bagikan Masker

https://nuansajambi.com/2019/09/20/prihatin-kabut-asap-wartawan-bersama-humas-pemkab-tanjabbar-bagikan-masker/
Humas dan Media Berikan Masker Kepada Warga Melintas
Loading...

NuansaJambi.Com, TANJABBAR Humas Pemkab Tanjung Jabung Barat bersama wartawan Jumat(20/9/2019) siang mengelar aksi bagi-bagi masker kepada masyarakat umum di berapa ruas jalan dalam kota Kuala Tungkal.

Bagi-bagi masker secara grtis kemasyarakat umum ini tidak lain sebagai wujud kepedulian wartawan bersama Humas dan Protokol Pemkab terhadap mengantisipasi terjadinya penyakit ISPA akibat bahayanya kabut asap yang saat ini sedang melanda diberapa bagian kabupaten di provinsi Jambi bahkan yang sudah menjadi berita Nasional.

Sebanyak 6000 masker dibagikan secara gratis kepada masyarakat luas,6000 masker ini atas bantuan dari Pemkab Tanjabbarat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanjabbarat dan ketua DPRD Tanjabbar Mulyani Siregar SH.

Ide bagi-bagi masker secara gratis ini hasil berdikusi secara spontan dan santai wartawan bersama kabag humas dan Kasubag peliputan dan pemberitaan sekretariat Sekda Tanjabbar yang turut dihadiri oleh Seketaris Daerah Ir H.Agus sanusi dengan didampingi Staf ahli dan kepala Bappenda .

Agus sumantri SH,MH, selaku Kasubag peliputan dan pemberitaan yang mewakili kabag humas hadir bediri di tengah jalan bersama wartawan sambi bagi-bagi masker kepada masyarakat secara gratis mengucapkan terima kasih atas hubungan baik yang sudah terjalin antara humas dengan wartawan.

“Tiadak disangka tanpa diagenda dijadwal wartawan bisa nyempatkan waktu diselah kesibukannya sebagai jurnalis untuk saling membagi sebagai wujud kepedulian tentang kesehatan dampak akibar kabut asap ini.pada sela itu juga,dia mengajak wartawan untuk menjadi corong yang fositif bagi masyarakat.

Fositif Yang saya maksud itu,seperti yang dilakukan rekan wartawan ini.harapan kalau bisa kegiatan fositif yang bersifat sosial ini terus di ditingkatkan,”ucapnya.

Ia juga beharap kabut asap ini cepat teratasi,, emoga petugas yang kini lagi bercampubaku memadamkan api dilapangan selalu diberikan kesehatan dan dilindungi dari bahaya dan tetap semangat.

Salah satu wartawati mengatakan, total ada 6000 masker yang di bagikan kepada warga terutama pengguna jalan raya dalam Kota Kualatungkal.

“Hari ini kita habis kan dua dus atau 4000 lembar dulu karena ngejar waktu karena yang laki-laki juga mau Shalat Jum’at , rencana besok kita bagikan lagi sisanya satu dus atau 2000 lembar. Hal ini kita lakukan sebagai rasa peduli kita terhadap masyarakat karena dampak kabut asap yang kian pekat di daerah kita,” ujar Rita, salah satu wartawan yang bertugas di Kabupaten Tanjab Barat.

Dijelaskannya, akibat dampak dari kabut asap, penderita Infeksi saluran pernapasan Akut (Ispa) di kabupanen Tanjabbar terus meningkat. Hal ini yang membuat insan pers turut prihatin terhadap dampak kabut asap yang sudah menjadi bencana tahunan bagi masyarakat.

“Berdasarkan data yang kita himpun dari Dinkes Tanjabbar, dua bulan terakhir ini sekitar ribuan warga Tanjabbar dan sekitar 500-an bayi sudah terjangkit ISPA,” jelasnya.

Hal senaga diungkapkan wartawan lainnya, Wijaya, menurutnya perlu antisipasi yang serius dari pemerintah dan instansi terkait untuk menindaklanjuti kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan mencegah terjadinya karhutla yang berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat.

“Selain itu kita juga berharap kesadaran dari warga sendiri terhadap bencana, dengan mengikuti anjuran pihak terkait yaitu tidak membuka lahan dengan membakar, tidak membuang puntung rokok sembarangan, dan tidak membakar sampah di tempat yang rawan,” harapnya.

(Deny)

Loading...