Proses Penyidikan SMB Sudah Gelar Perkara 

Loading...

NuansaJambi.Com, JAMBI – Dirreskrimum Polda Jambi, AKBP M. Edi Faryadi, mengatakan perkembangan proses penyidikan yang lakukan Tim Polda Jambi terhadap 59 tersangka dari kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB) saat ini sudah dilakukan Gelar Perkara dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi.

“Kami sudah melaksanakan kegiatan gelar perkara dengan pihak Kejaksaan Tinggi Jambi. Kemudian berkas juga kami limpahkan tahap satu ke Kejati. Dalam hal ini jaksa dalam proses penelitian,” kata Edi, Jumat (23/08/2019).

Edi Faryadi pun berharap penelitian berkas yang dilakukan oleh Kejati agar cepat selesai, sehingga pihaknya dapat memasuki tahap kedua untuk melakukan proses kasus tersebut. Kemudian, pada proses terkait kasus SMB ini, pihaknya juga berkoordinasi dan juga ada pengawasan dari Komnas HAM.

“Kemarin dari Komnas HAM RI kesini bersama komisionernya melihat bagaimana proses yang kami lakukan mulai dari tahapan, penindakan hingga saat inipun Beliau (Komnas HAM) juga memantau bagaimana para tersangka dilayani atau diperlakukan baik di sel tahanan rutan Polda Jambi,” jelasnya.

Selain itu, hari ini (23/08/2019) Komnas Perempuan juga mendatangi Polda Jambi dikarenakan, diantara 59 orang pelaku yang ditahan ada satu orang perempuan (Istri Pemimpin SMB).

“Saat ini juga Komnas Perempuan dan KPAI juga datang ke Polda Jambi untuk melihat langsung bagaimana pelayanan dan juga perilaku yang dilakukan oleh penyidik terhadap para pelaku tersebut,” kata Edi.

Edi menegaskan, untuk saat ini pelaku yang di tahan masih 59 orang. Kasus Kelompok SMB ini pun akan di lakukan evaluasi dari penyidikan ini. “Kami berharap dari adanya pengawasan ini kita dapat meningkatkan kinerja dan juga melayani dengan baik terhadap siapapun itu yang dikategorikan sebagai pelaku,” katanya.

Dalam penyidikan, sudah dihadirkan sebanyak sekitar 30 orang saksi yang terdiri dari orang/karyawan WKS, Warga Sekitar, Korban, Polri dan TNI. “Sudah semua, kita sudah periksa secara meraton untuk seluruhan saksi,” pungkasnya.

(Bara)

Loading...