Gempa Cukup Kuat Melanda Yogyakarta, Sumatra Barat, Bengkulu Saat Idul Adha

    NuansaJambi.Com – Gempa bumi yang cukup kuat berkisar antara 5,1 dan 5,3 melanda bagian Bantul di Yogyakarta, Padang di Sumatra Barat dan Enggano di Bengkulu antara Sabtu malam dan Minggu pagi. Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan untuk setiap gempa.

    Gempa pertama terasa di Kabupaten Bantul dan Kulon Progo di Yogyakarta sekitar pukul 8:26 malam. waktu setempat pada hari Sabtu. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 5,1 skala Richter tercatat 105 kilometer barat daya Bantul, pada kedalaman 10 km.

    Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan gempa itu dirasakan selama empat hingga lima detik di sekitar Bantul, dan selama satu hingga dua detik di kabupaten-kabupaten terdekat lainnya.

    Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa Bantul berkekuatan 4,6.

    Gempa kedua, yang dicatat pada 5,3 skala besar oleh BMKG dan 5,2 oleh USGS, menghantam sekitar 93 km barat daya Pariaman, Sumatra Barat, pada kedalaman 73 km pada 4.11 pagi waktu setempat.

    Gempa bumi terakhir tercatat di lepas pantai Bengkulu pada 11:38 pagi. Menurut BMKG, pusat gempa adalah 230 km tenggara Enggano, Bengkulu, pada kedalaman 10 km. Baik BMKG dan USGS mencatat gempa dengan kekuatan 5,3.

    Tidak ada korban atau kerusakan signifikan telah dilaporkan pada saat penulisan.

    Sumber: NEWS24XX.COM