Pemkab Tanjabbar Harapkan Pemerintah Pusat Cepat Bangun Pangkalan Laut

NuansaJambi.Com, TANJABBAR -Guna kenyamanan dan antisifasi keamanan di laut khususnya di wilayah perairan kabupaten Tanjung jabung barat Pemerintah kabupaten Tanjung jabungbarat beharap kepada pemerintah pusat u tuk mempercepat rencana pembangunan pangkalan laut.

Hal ini disampaikan Wakil bupati Tanjung Jabung Barat
Drs H Amir Sakib dalam kegiatan kunjungan Tim Kajida Sekretariat Jendral Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) di aula rumah Jabatan Bupati, Kamis (11/07).

Kunjungan itu dengan tema ‘Implikasi pengelolaan SDA Terhadap Pertahanan dan Keamanan Negara’.

Kabupaten Tanjabbarat merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jambi yang menjadi tujuan olehTim Kajida,karena grafik Tanjabbarat posisinya dekat bersentuhan langsung di bibir pantai bagian pesisir Timur.

Selamat datang disampaikan Wakil Bupati Tanjab Barat, Amir Sakib kepada tim kajian daerah, Sekretariat dewan ketahanan nasional yang berkunjung ke Tanjung Jabung Barat.

Amir Sakib berharap dengan kunjungan ini dapat meningkatkan sinergitas antara pemerintah pusat, provinsi Jambi hingga kabupaten Tanjab Barat.

“Semoga kunjungan ini dapat meningkatkan sinergitas pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di daerah,” harapnya.

Amir Sakib memaparkan kondisi kabupaten Tanjab Barat yang terletak di pantai pesisir timur seluas 5.645.25 dan berbatasan dengan Riau, Malaysia dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

“Potensi sumber daya alam yang cukup besar yaitu sektor kelautan, dan perikanan, pertanian, perkebunan, kehutanan, dan pertambangan,” paparnya.

Untuk itu pemerintah kabupaten Tanjab Barat terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendukung pembangunan di wilayah Tanjab Barat khusunya dengan pelabuhan ekspor impor di pelabuhan Roro Kuala Tungkal.

Amir Sakib mengharapkan bantuan dan dukungan pemerintah pusat dalam percepatan pembangunan pangkalan laut, agar tenaganya keamanan perairan laut dari ancaman dan gangguan pelayaran.

Tim Kajida Setjen Wantannas dipimpin Marsda TNI Sungkono Deputi Pengembangan Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantanas)
mengatakan tugas utama Kajida adalah melakukan pengkajian daerah dengan mengumpulkan informasi dan data-data terkait menjaga kearifan lokal dalam rangka ketahanan nasional.Metode pelaksanaan kegiatan meliputi mengumpulkan, mengindentifikasi, menelaah, dan menganalisa berbagai materi terkait.

“Ingin mendapatkan data primer random sampling didalam melakukan suatu masukan dan analisa serta rekomendasi kepada pimpinan (presiden RI),” katanya lagi.

Turut hadir acara tersebut Para Forkompinda, para Asisten, Para Staf Ahli, Para Kepala OPD, Para Kabag dilingkup setda Tanjabbarat, perwakilan Kesangpol Provinsi Jambi serta undangan lainya.

(Deny)

Tinggalkan Komentar

Silahkan masukan komentar
Masukan nama disini