Pria Ini Buat Warga Kerinci Malu Dengan Perbuatannya

Aksi pemuda asal Sulawesi yang membersihkan sampah di depan pintu masuk Bandara Depati Parbo Kerinci
Loading...

Nuansajambi.com, KERINCI — Kegiatan yang dilakukan pria ini di pintu masuk bandara Depati Parbo Kerinci, harus dicontoh. Sendirian dengan menggunakan karung, ia memungut sampah yang berserakan.

Aksi yang dilakukan pria yang menikahi warga Desa Betung Kuning, Kecamatan Sitinjau Laut, Kabupaten Kerinci ini viral di media sosial. Dokumentasi aksi yang dilakukannya diposting di laman Repost Kerinci telah dibagikan hingga ratusan kali.

Dipostingan foto kegiatannya itu disertai caption “Awalnya saya beli plastik sampah mau kumpulkan sampah yang ada di depan Bandara Depati Parbo.

Tapi karena sampahnya basah akhirnya saya gunakan karung biar airnya gampang netes.

Saya melakukan gerakan lingkungan bebas sampah dengan mengajak para pemerhati lingkungan ataupun masyarakat untuk lebih peduli dengan pengelolaan sampah masing2.

Apalagi di lingkungan vital daerah seperti bandara, sangat tidak elok jika ternyata di pintu masuk/keluar bandara kita disuguhkan oleh sampah2 yg bertebaran.

Dengan memulai gerakan langsung (mengumpulkan sampah), maka berharap aktivitas ini akan ditiru oleh pemerhati lingkungan, masyarakat, terutama pemerintah.

Sehingga penataan sampah menjadi teratut dan tidak mengotori lingkungan.

Awalnya saya tawarkan di Group Facebook Kerinci Hilir Bersatu, ada beberapa teman yang bersedia ikut, tapi mungkin karena kesibukan akhirnya tidak ada yang datang.

Akhirnya Sabtu, 8 Juni 2019 pukul 16.30 sampai pukul 18.00 WIB saya sendiri yang datang.

Dan hanya mampu mengumpulkan 7 karung sampah. Hehehe” tulisnya.

Postingan tersebut membuat beberapa netizen asal Kerinci merasa malu atas aksi yang dilakukan pria tersebut.

Sebab aksi memungut sampah di depan bandara kebanggaan warga Kerinci itu dilakukan oleh warga yang diketahui berasal dari luar Kerinci.

“Malu kita. Anak butino dari Wajo Sulawesi Selatan mungut sampah di pintu masuk bandara Depati Parbo. Ayo kita contoh perbuatan sangat terpuji itu. Usul, kita buat gerakan lingkungan anti sampah di Kerinci dan kota Sungai Penuh (GERLANSA). Jika setuju kita buat group WA, silahkan siapa jadi admin. Saya daftar pertama,” tulis akun Facebook Mardizal pada, Senin (17/6). Seperti dilansir tribunjambi.com

Postingan ulang akun Mardizal itu mendapat banyak tanggapan. Pada umumnya mereka sangat setuju apa yang dilakukan pria tersebut.

“asli malu rasonyo.. ayo kita lakukan perubahan.. gen ikut daftar juga pak…” tulis akun Genthar Ali Putra.

“menjadi suri taulan yang lebih baik untuk masyarakat Kerinci khususnya….” komentar akun Benni Koramil.

“Betul sekali Pak Mardizal..!

“Kita seharusnya malu dengan inisiatif yg beliau lakukan, uhang semendo lah ngaja kito Masyarakat Kerinci untuk peduli dg lingkungan.” tulis akun Wal Amri. ***

Loading...