H Al Haris Peringati Nuzulul Qur’an di Masjid Agung Baitul Makmur kota Bangko

Loading...

Nuansajambi.com, MERANGIN – Tidak terasa bulan penuh berkah ini telah memasuki pertengahan Ramadhan. Pada bulan ini pula, kitab suci bagi umat Islam Alquran juga diturunkan oleh Allah SWT lewat para malaikatnya.

Peringatan Nuzulul Qur’an tahun 1440 H/2019 M di Kabupaten Merangin kali ini dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur kota Bangko Selasa (21/05/2019).

Bupati Merangin H. Al Haris dalam sambutannya menyampaikan :

1.Bahwa peringatan Nuzulul Qur’an sangat penting bagi kita sebagai Umat Islam karena untuk mengingatkan kita kembali tentang Nilai-nilai keagamaan.

2. Pemerintah Kabupaten Merangin mengucapkan terima kasih kepada TNI-Polri dan segenap masyarakat Merangin karena telah menciptakan situasi dan Kondisi Kabupaten Merangin Pasca Pemilu aman dan tentram sehingga kita semua dapat menikmati kenyamanan kota bangko yang kita cintai bersama.

Uraian Nuzulul Qur’an yang disampaikan oleh Ustadz Tengku Iskandar Manaf dalm ceramahnya mengatakan Alquran diturunkan oleh Allah melalui malaikat Jibril kepada Rasulullah. Peristiwa ini yang sering dikenal dengan nama Nuzulul Quran.

Nuzulul Quran yang secara harfiah berarti turunnya Alquran adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting mengenai penurunan wahyu Allah pertama kepada nabi dan rasul terakhir, yakni Nabi Muhammad SAW.

Masih menurut ustadz Iskandar Wahyu pertama yang diturunkan kepada Rasulullah, yaitu surah al-Alaq ayat 1-5. Saat wahyu ini diturunkan, Rasulullah sedang bertahannus (menyendiri) di Gua Hira dan pada saat itu pula, malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut terang Ustadz Iskandar.

Tampak Hadir dalam acara Nuzulul Qur’an Dandim 0420/Sarko beserta perwira Stafnya,  Wakil Bupati Merangin Bapak Mashuri serta Forkopimda Pemkab Merangin.

(Iwan)

Loading...