Inilah Para Tokoh Jambi yang berpeluang menduduki Kursi Jambi satu Juni 2020 nanti

Nuansajambi.com, JAMBI — Pemilu telah selesai dilaksanakan pada 17 April 2019 yang lalu, dan hari ini Sabtu (11/5/2019) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi telah melakukan Pleno.

Berdasarkan hasil pleno bahwa partai yang memperoleh Kursi seperti Golkar, PDIP, Gerindra, Demokrat, PAN, PKS, NASDEM, PKB diprediksi akan bersaing Ketat untuk mendapatkan Kursi Gubernur Jambi pada Pilkada Serentak yang akan diadakan pada bulan Juni 2020.

Berikut nama tokoh tokoh yang beredar di tengah masyarakat provinsi jambi berpeluang untuk mengisi Kursi Gubernur Jambi kedepan.

BACA JUGA :

HBA Masuk 3 Besar Peraih Suara Terbanyak Nasional Pemilu 2019
Ini 8 Nama Yang Lolos DPR RI Dapil Provinsi Jambi
Berikut Ini Daftar Anggota DPRD Kabupaten/Kota/Provinsi Priode 2019-2024 Terpilih
Berikut Daftar Besaran Zakat Fitrah Per Kabupaten Kota Se Provinsi Jambi

 

Gubernur Incumbent Jambi saat ini H. Fachrori Umar yang tercatat sebagai Ketua
Dewan Pertimbangan Partai Nasdem Provinsi Jambi. Fachrori Umar Partainya harus menggandeng Partai Partai lain dikarenakan Nasdem hanya memperoleh 2 Kursi.

Letnan Jenderal TNI (Purn.) Teddy Lhaksmana Widya Kusuma (lahir di Jambi, 15 Februari 1959 (umur 60 tahun) adalah purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan
Darat yang saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN), ia menggantikan posisi Letjen TNI (Purn.) Torry Djohar Banguntoro.

Ia terahkir kali berdinas militer menjabat sebagai Pangdam Jaya menggantikan Letjen TNI Agus Sutomo.

Teddy, merupakan alumnus Akademi Militer tahun 1983, ia berpengalaman dalam bidang infanteri baret merah. Jabatan sebelumnya jenderal bintang tiga ini adalah Staf Ahli Bidang Pertahanan dan Keamanan Badan Intelijen Negara.

Inspektur Jenderal Drs Muchlis AS MH. Saat ini menjabat KAPOLDA JAMBI Sebagai putera daerah kelahiran Kabupaten Batanghari, nama Muchlis sudah tidak asing bagi masyarakat Jambi. Dia sebelumnya pernah menjabat pejabat utama di Polda Jambi.

Tahun 2013, Muchlis menjabat Inspektorat Polda Jambi. Tahun 2017, Muchlis naik menjadi Wakapolda Jambi. Tidak lama menjabat Wakapolda Jambi, Muchlis dimutasi menjadi Inspektur Bakamla RI. Awal tahun 2018, Muchlis ditunjuk oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebagai Kapolda Jambi, menggantikan Brigjen Pol Priyo Widyanto.

Hasan Basri Agus(HBA) beliau saat ini sebagai Caleg DPR RI dengan perolehan suara no.3 terbanyak di indonesia sebesar 200.291 partai Golkar yang juga mantan Bupati Sarolangun dan Gubernur Jambi.

Partai Golkar saat ini memperoleh 9 Kursi di DPRD Provinsi Jambi dan Berpeluang menjadi salahsatu Pimpinan Dewan.

Burhanuddin Mahir (Cikbur) merupakan Mantan Bupati Muaro Jambi 2 Periode yang juga terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Muaro Jambi dan Batanghari.

Cikbur juga Ketua Partainya SBY (Demokrat) Provinsi Jambi yang saat ini memiliki wakil rakyat  sebanyak 7 kursi.

Edi Purwanto, mantan wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, pilgub 2016 lalu menjadi Calon Wakil Gubernur bersama HBA.

Saat ini Edi Kembali terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Muaro Jambi dan Batanghari.

Edi melalui PDIP berpeluang menjadi Ketua
DPRD Provinsi Jambi dengan perolehan 9 Kursi.

Sutan Adil Hendra (SAH), Anggota DPR RI yang terpilih Kembali dengan perolehan suara 83.325.

SAH saat ini menggawangi Partai Gerindra Provinsi Jambi dengan perolehan Kursi
DPRD Provinsi sebanyak 7 Kursi.

Sofyan Ali, Anggota DPRD Provinsi Jambi yang terpilih menjadi Anggota DPR RI Partai Kebangkitan Bangsa dengan Perolehan sebanyak 40.470 suara.

Sofyan Ali merupakan Ketua DPW PKB Provinsi Jambi yang mana memiliki wakil rakyat sebanyak 5 orang di DPRD Provinsi Jambi.

Ditambah lagi sederet para Walikota/Bupati yang telah duduk dua Periode seperti :

H. Cek Endra, saat ini menjabat Bupati Sarolangun Periode kedua yang juga merupakan pengurus teras Partai Golkar Provinsi Jambi.

H. Syarif Fasya, merupakan Walikota Jambi yang terpilih kembali untuk kedua kali. Dimata masyarakat kota Jambi Fasya dianggap sukses merubah kota jambi menjadi kota Taman.

Salah satunya Taman Jomblo dan Tugu Keris Siginjai yang menjadi Icon Kota Jambi sekaligus menjadi lokasi berkumpung masyarakat kota jambi maupun tamu yang berkunjung.

Fasya juga merupakan Pengurus Partai Golkar Provinsi Jambi yang juga Ketua
AMPG Provinsi jambi.

H. Sukandar, saat ini menjabat Bupati Tebo periode kedua. Beliau merupakan Suami dari anggota DPR RI Partai Golkar Saniatul Lativa yang terpilih kembali.

Sukandar tercatat juga sebagai kader Partai Golkar. Partai Golkar di tebo berpeluang duduk sebagai Ketua DPRD dengan perolehan 9 Kursi.

H. Alharis, saat ini bertugas sebagai Bupati Merangin Periode yang kedua.

Al Haris merupakan mantan Karo Umum Setda Provinsi Jambi yang saat ini merupakan Kader Partai Golkar.

Segudang prestasi yang diraih seperti Piagam Adipura dan juga ide yang diterapkan di kab. Merangin salah satunya Program Gerakan Pendidikan Subuh dan Subuh Berjemaah (GPS2B).

H. Syahirsah, Ketua DPD II kab. Batanghari, saat ini masih menjabat Bupati Batanghari
periode yang kedua.

Partai Golkar di Kab. Batanghari memperoleh 5 Kursi.

Syahirsah merupakan Putra kelahiran Mersam.

Dr. Ir. H. Safrial MS, akademisi yang sukses menjadi Bupati Tanjab Barat dua kali.

Beliau merupakan Putra Kelahiran Merlung yang juga merupakan Kader PDIP yang juga merupakan Istri Cici Halimah yang berpeluang duduk sebagai Ketua DPRD Partai PDIP dengan 8 Kursi.

Akan tetapi tokoh tokoh diatas harus bisa memenuhi syarat calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang diusung parpol yakni 20 persen jumlah kursi di DPRD Jambi atau 25 persen perolehan suara parpol atau gabungan parpol.

Total Kursi DPRD Provinsi Jambi berjumlah 55 kursi berarti untuk memenuhi 20 % parpol pengusung harus memiliki 11 Kursi untuk bisa ikut berlaga sebagai Gubernur pada Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan Juni 2020 nanti.