Pembeli Buah Nenas dan Semangka Meningkat di Bulan Puasa

Pedagang Buah-buahan Di Simpang Terusan (foto: Syahreddy/Nuansajambi.com)

NuansaJambi.Com, BATANGHARI – Di bulan Ramadhan pembeli buah-buahan meningkat 30 hingga 70 persen dibandingkan hari biasa.

Seperti buah Nenas, kata Bambang (45) salah seorang pedagang buah yang ada di Simpngan Terusan, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, kalau di hari biasa untuk 1500 buah Nanas sampai tiga hari baru habis penjualan. Sedangkan di bulan Ramadhan 1500 buah hanya 2 hari.

“Ada peningkatan permintaan di bulan ini, sekira 30 persen peningkatan penjualan untuk Nenas.” Ungkapnya, Rabu (15/5).

Untuk harga sendiri bervariasi, sesuai ukurannya besar dan kecil satu buah.

” Kalau harga tidak jadi ada perubahan di hari biasa dengan bulan Ramadhan. Karena harga mensesuaikan, kalau buah banjir harga turun, dan kalau stock buah sedikit harga pun naik. Itu berlalu untuk hari biasa maupun bulan Ramadhan.” Katanya.

Untuk pembeli sendiri kata Bambang, berbagai dari daerah. Karena tempat penjualan di jalan Lintas Jambi – Tebo.

” Kalau pembeli dari bermacam daerah, karena kita jualan di jalan lintas. Ada yang mampir dari Kerinci, Jambi, Tebo dan lain sebagainya.” Sebutnya.

Sementara Nenas di pasok dari Tangkit, Muaro Jambi . Adapun harga yang ukuran besar Rp 10000 dua buah, dan yang kecil di jual 4 buah Rp 10000. ” Alhamdulillah laris, hari ini masih sisa sekitar 30 buah dari 1500 buah.” Ujarnya.

Sementara untuk buah Semangka jenis madu, peminat lebih banyak dari Nenas. Biasanya di hari biasa hanya laku sekitar 500 buah untuk tiga hari , kalau bulan puasa bisa mencapai 1200 buah dalam tiga hari.

” Kalau semangka lebih banyak pembelinya dari Nenas, untuk saat ini kita jual Rp 8000 perkilo. Tapi kalau buah banjir bisa jual Rp 5000 untuk semangka madu.” Katanya.

(Syahreddy)