Cegah DBD, Kadis Kesehatan Sarolangun Himbau Seluruh Puskesmas Ajak Masyarakat Bersih Lingkungan 

NuansaJambi.Com, SAROLANGUN – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, H Adnan mengimbau masyarakat mengenai pentingnya mewaspadai demam berdarah dengue (DBD) saat musim hujan.

“Kita juga harus antisipasi saat ini musim hujan, kita yang was-was,” ujarnya Rabu (20/2).

Adnan menuturkan, ketika musim hujan, tempat yang bisa menampung air seperti kaleng dan botol bekas dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk nyamuk Aedes aegypti yang menjadi vektor atau serangga penular penyakit DBD.

Perilaku masyarakat yang kurang sadar terhadap pemberantasan sarang nyamuk. Seperti tidak menutup tempat penampungan air dengan rapat atau membiarkan kaleng bekas dan botol terbuka sehingga dapat menampung air hujan, akan menciptakan tempat nyamuk bertelur dan berkembang.

Dia juga meminta kepada semua Puskesmas, supaya mengalakkan untuk gotong -royong dengan masyarakat setempat untuk membersihkan lingkungan agar tidak terjadi jentik-jentik nyamuk.

Lebih lanjut Adnan mengatakan, memang ada loparan beberapa desa sudah ada yang ada terkena DBD

Tapi hasilnya tidak bisa dapat secara penitipan dari rumah sakit. ” Kalau ada warga terkena parah, sepeti muntah-muntah kita akan turun.” Katanya.

Sementara untuk saat ini Dinkes Sarolangun sudah menerima laporan dari beberapa desa yang sudah mulai terindikasi DBD. ” Laporan masuk ke kita dari Desa Limun Mandiangin, Pelawan, danBukit Perangin.” Kata Adnan.

(Yunus)