Laskar LPI Kawal Pemeriksaan Habib Bahar

NuansaJambi.Com – Simpatisan Habib Bahar bin Smith terlihat berkumpul di depan gedung Bareskrim, Gambir, Jakarta Pusat. Kedatangan mereka ditujukan untuk mendukung habib Bahar yang rencananya akan diperiksa siang ini sebagai saksi kasus dugaan ujaran kebencian.

Terlihat ratusan orang yang beberapa diantaranya berpakaian putih-putih sembari membawa tulisan ‘hukum tidak adil’. Menurut Maman Suryadi, Panglima Laskar Pembela Islam Nasional, estimasi massa yang akan hadir diperkirakan mencapai 1000 orang.

“Kami dari laskar ada 500 orang, dan nanti InsyaAllah akan mencapai 1000 orang yang mendukung dari sini,” ujarnya di depan gedung Bareskrim, Jakarta Pusat, Kamis (06/12/2018).

Hal mendasar mengapa para simpatisan akan berkumpul hingga selesainya pemeriksaan habib adalah karena rasa keadilan. Ia melihat rasa keadilan di Indonesia sudah rusak.

“Penegakan hukum di negeri ini sudah rusak, banyak kok yang menghina presiden, tapi mengapa hanya habib Bahar yang diperiksa,” ujarnya.

Bahkan, ia mengungkapkan, ada penghina presiden yang malah dipanggil ke istana presiden. Karenanya ia dan massa yang berkumpul meminta keadilan penegakan hukum.

Sementara itu, Kanit Sabhara Polda Metro Jaya, Agus Riadi menjelaskan bahwa dalam pengamanan massa ini, pihak polisi menyiapkan 190 personal dari gabungan Polda, Polres dan Polsek. Diantara polisi berseragam lengkap yang berjaga, terlihat juga beberapa tentara berseragam hijau loreng.

Menurut pantauan Kiblat.net, Habib Bahar sempat tertahan beberapa saat sampai kemudian beberapa simpatisan membuka jalan diantara wartawan dan langsung ke ruang pemeriksaan saksi di lantai satu Bareskrim. Salah satu anggota polisi yang berjaga mengungkapkan bahwa hanya pihak keluarga dan lawyer saja yang boleh naik ke lantai satu.

Akibatnya, di depan lift, sempat terjadi bersitegang antara simpatisan yang hendak mengawal Habib dengan petugas yang berjaga. Para simpatisan mengotot untuk naik ke atas, sedangkan petugas yang berjaga tetap menegaskan hanya tiga pengacara yang boleh naik.

Habib Bahar didampingi Habib Husin dan seorsng pengawalnya. Dan untuk kloter pertama yang diperbolehkan masuk dari pengacara adalah Ahmad Michdan dari TPM, Sugito Atmo Prawiro dari BHF, dan Aziz Yanuar dari Pushami.

(Kiblat.net)

Tinggalkan Komentar

Silahkan masukan komentar
Masukan nama disini