Ini Pentingnya Minum Air Putih Sebelum Konsumsi Kopi di Pagi Hari

Foto: iStock

Nuansajambi.com — Banyak orang yang tidak bisa lepas dari kopi di pagi hari. Padahal penting untuk mengonsumsi air putih sebelum meminum kopi saat sarapan.

Meski banyak penelitian yang menunjukkan manfaat meminum kopi, tapi minuman yang satu ini memiliki efek samping negatif, terutama jika dikonsumsi di pagi hari. Efek negatif ini terus bertambah setiap waktunya, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan secara perlahan.

Dilansir Canstar Blue (15/08), berikut 6 alasan mengapa Anda harus meminum air putih sebelum membuat secangkir kopi di pagi hari.

1. Dehidrasi

Tubuh Anda cendrung akan mengalami dehidrasi setelah berpuasa ketika tidur sepanjang malam. Sementara kopi mengandung sifat diuertik, yang merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak natrium ke dalam urin. Hal ini membuat tubuh membasuhnya dengan air, sehingga tubuh akan lebih mudah kekurangan cairan.


2. Tetap fokus

Air putih memiliki cara alami untuk membuat tubuh tetap segar dan terhidrasi, terutama di pagi hari. Selain itu air putih berguna untuk menghidrasi otak, yang terdiri dari 75% air. Sehingga aliran air membantu Anda lebih fokus, dan mendorong untuk tubuh lebih produktif dan tidak gampang lemas.


3. Bahaya lambung

Secangkir kopi memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Kandungan asam ini bisa membuat lapisan lambung menjadi iritasi. Ketika Anda mengonsumsi kopu, tubuh akan menghasilkan sejumlah asam klorida (HCI). Hal ini semakin diperburuk jika perut dalam keadaan kosong. Jika dibiarkan, nantinya asam lambung akan menurun dan menimbulkan masalah pencernaan, kekurangan mineral, dan lainnya. Untuk menghindarinya minumlah segelas air putih sebelum menyeduh kopi.


4. Haus

Sebagian orang meminum banyak kopi di pagi hari karena mereka merasa haus. Kopi sendiri justru akan memicu rasa haus. Untuk mengurangi rasa haus, biasakan meminum air putih di pagi hari untuk menghindari konsumsi kopi yang berlebih.


5. Membuat tubuh segar

Di pagi hari biasanya tubuh tengah mengalami elimination mode, proses mengeluarkan racun atau senyawa yang tidak dibutuhkan tubuh. Untuk mendetoks tubuh di pagi hari, bisa meminum beberapa gelas air putih. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, Anda akan merasa lebih segar. Jika bosan meminum air putih, bisa tambahkan irisan buah lemon rasa yang lebih segar.


6. Konsumsi air putih

ika Anda tidak terbiasa meminum air putih di pagi hari, Anda bisa memulainya secara perlahan. Bisa konsumsi satu gelas air putih, lalu jika sudah terbiasa bisa menambah takaran gelas. Untuk takaran air putih, setidaknya laki-laki membutuhkan sekitar 2 liter air putih per hari. Sementara untuk wanita sekitar 1,6 liter untuk asupan cairan harian.

(detik.com)