54 Anggota Paskibraka Provinsi Jambi Dikukuhkan

NuansaJambi.com, Jambi – Sebanyak 54 Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi Jambi dikukuhkan langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, bertempat di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Rabu (15/8) malam.

Setelah melakukan proses pelatihan panjang, 54 anggota paskibraka ini nantinya akan mengemban tugas mengibarkan duplikat bendera pusaka di lapangan kantor Gubernur jambi dalam rangka memperingati Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 Tahun.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur, Fachrori Umar mengatakan bahwa Pengukuhan ini memiliki makna dan arti yang sangat mendalam bagi seluruh anggota Paskibraka Provinsi Jambi.

“Sebagai ikrar dan kebulatan tekad dan bersedia dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab untuk mengemban tugas yang amat berat tetapi Mulia sebagai pasukan pengibar dan penurunan duplikat bendera pusaka pada peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tanggal 17 Agustus 2018 yang akan datang” Ujar Fachrori.

Lanjut Fachrori, Sebagai bagian dari generasi muda bangsa Indonesia yang merupakan kader bangsa dan sumber daya Insani pembangunan Nasional di masa depan, anggota Paskibraka harus menjadi pelopor dan Garda terdepan dalam menangkal Setiap peristiwa dan kejadian yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara serta harus menjadi contoh dan Suri Tauladan yang baik dalam hidup dan kehidupannya sehari-hari baik di lingkungan keluarga sekolah maupun di lingkungan masyarakat luas.

“Permasalahan dan tantangan yang dihadapi generasi muda semakin berat dan kompleks, Hal ini dapat kita cermati dengan beberapa indikator antara lain masih rendahnya kualitas sumber daya Pemuda Indonesia, rendahnya semangat belajar dan etos kerja, sering terjadinya tawuran remaja, serta banyak generasi muda dan anak-anak pelajar yang terlibat pada penggunaan obat-obatan terlarang” Terang Fachrori.

“Bila hari ini tidak diantisipasi sedini mungkin, maka kehidupan generasi muda akan hancur dan kehilangan arah dan pedoman hidup dalam menata kehidupan masa depan yang masih panjang, untuk itu perlu diambil langkah-langkah preventif maupun Represif dalam menyikapi dan mengantisipasi setiap permasalahan dan tantangan yang dihadapi generasi muda sehingga dengan upaya yang sungguh-sungguh dari kita semua
diharapkan anggota Paskibraka dan generasi muda pada umumnya dapat membina jati diri, memiliki jiwa yang tangguh, disiplin, dan memiliki semangat belajar yang tinggi serta meningkatkan wawasan pengetahuan dan pola pikir yang jauh kedepan” Sambung Fachrori.

Fachrori berharap kepada seluruh Anggota Paskibraka yang telah di Kukuhkan untuk mampu mengemban tugas dan tanggung jawab dalam Pengibaran dan Penurunan duplikat Bendera Pusaka.

“Saya percaya dan penuh harap pada adik-adik anggota Paskibraka yang merupakan putra putri pilihan terbaik akan mampu dan dapat melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh percaya diri, saya sangat memahami bahwa tugas yang adik-adik emban sangat berat tetapi Mulia sebagai pengibar dan penurun duplikat Bendera Pusaka dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tahun 17 Agustus 2018 yang akan datang” Pungkas Fachrori.

Hadir dalam acara tersebut Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Wahyudin, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Ujang Supriatna, Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, Unsur Forkopimda, dan para tamu undangan lainnya.

(Sanca)