Purnawirawan TNI Bentuk Timses Jokowi – Ma’ruf, Siapa Ketuanya?

Nuansajambi.com — Andi Widjajanto memimpin tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo – Ma’ruf Amin bernama Cakra 19. Tim tersebut diisi 19 purnawirawan TNI.

Andi mengatakan partisipasinya dalam tim tersebut berkat kepercayaan dari mantan perwira komando di pasukan khusus TNI AD Eko Wiratmoko. Mantan Deputi V Kantor Staf Kepresidenan di awal pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla, Andogo Wiradi, juga mendorongnya.

“Saya berdiri di sini karena diberi tugas oleh senior-senior purnawirawan. Pak Eko, Pak Andogo. Untuk bekerja yang pontang panting ke bawah, untuk menggerakkan mesin Cakra 19,” katanya saat mendeklarasikan dukungan Cakra 19 di Hotel Borobudur, Jakarta, Ahad, 12 Agustus 2018.

Mantan Menteri Sekretaris Kabinet itu mengatakan dirinya sudah berdiskusi selama berbulan-bulan dengan para purnawirawan. Mereka menunggu deklarasi pasangan calon presiden dan wakil presiden dan memutuskan mendukung Jokowi – Ma’ruf. “Kami yakin Pak Jokowi harus dua periode. Kami yakin Jokowi – Ma’ruf adalah pilihan terbaik saat ini,” ujarnya.

Andi Widjajanto pernah mendukung Jokowi pada Pilpres 2014. Dia menjadi bagian dari tim pemenangan nasional Jokowi dan Jusuf Kalla. Andi tergabung dalam Badan Pemenangan Pemilu Presiden bersama antara lain Puan Maharani, Patrice Rio Capella, dan Imam Nachrowi.

Dalam tim pemenangan Cakra 19, Andi bergabung bersama mantan Wakasad Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, mantan Danjen Kopassus Letjen TNI (Pum) Lodewijk F Paulus yang juga Sekjen Partai Golkar, serta mantan Kapuspen TNI laksda TNI (Purn) lskandar Sitompoel.

Anggota lainnya adalah mantan Pangdam l/ Bukit Barisan Wisnton Pardamean Simanjuntak, mantan Deputi I bidang Hukum Politik Dalam Negeri Kemenkumham Mayjen TNI (Purn) Yudi Harianto, dan mantan Koorsahli KSAU Marsda TNI (Purn) Usra Hendra Harahap.

Selain mereka, ada pula Mayjen TNI (Purn) lstu Hari Subagio, Mayjen TNI (Purn) Harry Purdianto, Brigjen TNI (Purn) Juanda, Kol (Purn) Harry Guritno, Heintje J. Sumanti, Oni lspriyanto, Budi Santoso, Arderio Hukom, Sufirman, Lawrence Siburian dan Brigjen TNI (Purn) Nur Godang.

Tim Cakra 19 akan bekerja memenangkan Jokowi – Ma’ruf berdasarkan filosofis Sanskerta. Dalam budaya maupun filsafat Asia khususnya Indonesia, Cakra diartikan sebagai pusat energi, roda, atau Iingkaran dari kekuatan-kekuatan positif yang dilengkapi kreatifitas dan kebebasan berekspresi, guna mencapai tujuan bagi kebaikan bersama.

(tempo.co)