Enam Tahun Menjadi Model Rokok, Dadang Tuntut Royalti

Nuansajambi.com — Tak banyak yang mengetahui, ternyata salah satu model dalam bungkus rokok, dimana seorang ayah menggendong anaknya sambil merokok itu adalah warga Kuningan. Tepatnya warga dari Kecamatan Pancalang bernama Dadang Mulya (42).

Ia mengaku, fotonya itu diambil enam tahun lalu oleh seseorang yang diduga sales rokok ketika ia menonton sebuah pertandingan sepakbola di kampungnya. Ayah empat anak itu juga mengaku, tidak menduga bahwa fotonya itu justru dijadikan model bungkus rokok. Dadang baru sadar ketika sebulan setelah kejadian itu ia melihat fotonya ada dibungkus rokok.

Awalnya tetangga dan saudaranya tidak sadar dan setelah diberi tahu mereka kaget. Pada saat itu Dadang bigung harus lapor kemana karena ia merasa awam.

Setelah enam tahun baru ia bertemu dengan anggota Polsek Pancalang dan membawanya ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) untuk melaporkan permasalahan ini. Dadang berharap, apa yang dirasakannya ini diketahui oleh pihak terkait yang sudah memasang fotonya itu.

“Saya minta kejelasan masalah foto ini, apakah ada royalti kepada saya atau tidak? Karena saya merasa dirugikan dengan pencantuman foto tersebut tanpa izin saya,” tandasnya.

Pria yang lahir tahun 1976 ini meminta kepada pihak terkait untuk memperhatikan masalah ini. Selama enam tahun ini ia berjuang mencari keadilan terkait pencantuman foto dirinya.

Sementara itu, Ketua BPSK Kuningan Acep Tisna SH mengaku, pihaknya siap menerima berkas pengaduan. Namun, harus dibuat surat pengajuan dari Dadang agar pengaduan itu resmi.

“Surat akan saya terima meski sebenarnya cukup bingung karena Dadang bukan kosumen tapi korban. Tepatnya aduan ini ke pihak kepolisian,” ujar Acep, seperti dilansir dari kuninganmass.com pada Senin (23/7/2018).

(kuninganmass.com)