Isu Hubungan TGB-Luhut, Hanura Sebut Intelijen Gerindra Memble

Foto: Inas Nasrullah (dok. pribadi)

Nuansajambi.com — Gubernur NTB TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) sempat disebut memiliki hubungan saudara ipar dengan Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Informasi tersebut berada di laman profil TGB di situs Wikipedia dan dikutip oleh Anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade.

Ketua DPP Partai Hanura, Inas Nasrullah Zubir, menyebut kemampuan intelijen Gerindra memble karena mengutip informasi yang keliru.

“Mosok segitu mudahnya mempercayai rumor? Padahal ketum (ketua umum)-nya mantan militer yang tentunya punya kemampuan intelejen yang mumpuni, tapi kok ini intelejen-nya memble?” kata Inas kepada detikcom, Sabtu (14/8/2018).

Ditanyai kemungkinan ada faktor kesengajaan pihak tertentu mengubah informasi profil TGB di Wikipedia, Inas langsung menyebut sumber berita bohong adalah pihak oposisi.

“Sumber hoax terbesar adalah oposisi, karena mereka tidak punya program kecuali hoax,” tandas Inas.

Sebelumnya Wikipedia telah mengklarifikasi informasi yang menyatakan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sebagai ipar Gubernur NTB TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB). Informasi tersebut sempat dikutip menjadi pernyataan anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade.

“Benar bahwa kedua artikel tersebut (Muhammad Zainul Majdi dan Luhut Binsar Pandjaitan) pernah disunting oleh salah satu pengguna Wikipedia yang menyatakan mereka memiliki hubungan kekerabatan,” tulis pihak Wikipedia melalui akun @idwiki.

Kini suntingan tersebut sudah dikembalikan seperti sedia kala. Tak ada keterangan bahwa TGB dan Luhut merupakan saudara ipar. Alasannya, tak ada rujukan resmi dari informasi yang menyatakan TGB dan Luhut memiliki hubungan kekerabatan.

(detik.com)