Giat Hari Pertama MTQ Tingkat Kecamatan di Desa Pulau MMIQ dan Khotil Qur’an

Nuansajambi.com, BATANGHARI – Memasuki hari pertama kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat Kecamatan Muara Tembesi ke 49 yang digelar di Desa Pulau telah berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan panitia.

Untuk perlombaan hari ini , Sabtu (14/7) adalah perlombahan Menulis Makalah Ilmiah Alquran (MMIQ) dan Khotil Qur’an.

Adapun untuk MMIQ di ikuti peserta oleh remaja putri maupun putri yang diadakan di Aula kantor Desa Pulau dengan mengunakan komputer dengan jumlah peserta 15 orang terdiri dari 9 putri dan 6 putra.

Menurut Septa Randika salah satu Dewan Juri MMIQ menyebutkan, setiap peserta harus memprestansikan karya tulis selama 15 dan tanya jawab selama durausi 20 menit. Dan prestasi juga diperbolehkan membawa refresensi, dalam bentuk buku, jurnalis, majalah ke dalam ruang. ” Boleh bawa buku ke dalam ruangan.” Kata Septa.

Septa juga menyebutkan, Dewan Juri akan memberikan penilaian dengan beberapa kriteria antaranya, bobot materi, kaidah dan gaya bahasa, logika dan organisasi, dan presentasi.

Semenatara untuk perlombahan Khotil Qur’an yang di ikuti 55 putra-putri remaja yang mana umur maksimal 30 tahun. Sedangkan cabang terdiri dari 4 cabang, antara lain, naskah , mushab, dekorasi, kontemporer yang akan di nilai kaida Qu’an , keserasian , kebersihan dan keindahan. Untuk durasi setiap cabang selama 8 jam.

(Syahreddy)