Wabup Amir Sakib Pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke- XXII Tahun 2018

NuansaJambi.com, Kuala Tungkal – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Rabu pagi (25/04) melaksanakan Upacara memperingati Hari Otonomi Daerah ke XXII Tahun 2018. Upacara ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tanjab Barat, Drs. H. Amir Sakib

Wakil Bupati Tanjab Barat H. Amir Sakib pada upacara tersebut membacakan sambutan tertulis dari Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo.

Mendagri dalam sambutan tertulisnya mengatakan, bangsa kita semakin dewasa menyadari bahwa cara utama yang paling efektif mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis. penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis, bukan hanya mengharuskan daerah-daerah menjalankan kewenangan otonomi daerah berlandaskan kepada peraturan perundangan-undangan yang berlaku, tetapi juga harus menjadikan transparansi dan partisipasi publik sebagai dasar dan tolak ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan, sehingga dapat dipertanggung jawabkan kepada rakyat.

Lebih lanjut Mendagri mengungkapkan, mewujudkan Nawa Cita sama artinya dengan mewujudkan kesejahteraan rakyat disetiap jengkal tanah air kita. Mewujudkan kesejahteraan akan menjadi sebuah keniscayaan jika otonomi daerah diselenggarakan secara akuntabel, tranparan, berkepastian hukum dan partisipatif. Pemerintah telah menerbitkan peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah.

“Pada kesempatan ini saya ingin menegaskan kepada semua kepala daerah dan perangkat daerah jangan takut untuk berinovasi, sudah ada jaminan perlindungan hukum, bahwa inovasi tidak bisa dipidanakan. Inovasi daerah bukan hanya mampu menjadi solusi berbagai persoalan di daerah, meningkatkan daya saing daerah, serta gerbang menuju kesejahteraan, tetapi menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing bangsa kita di dunia.” kata Amir Sakib saat membacakan sambutan Mendagri.

Lanjutnya, Namun dari semua hal yang telah dicapai, untuk itu pada kesempatan ini saya menekankan tiga hal yang menjadi perhatian bersama yaitu : Integritas dan etika profesionalisme, tata kelola pemerintahan yang baik, serta peningkatan pelayanan publik.

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXII Tahun 2018 kali ini mengusung tema sentral “ Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis,”.

(Kentra)