Tingkatkan Pengawasan, BPOM Jambi Akan Buka Kantor Balai di Sungai Penuh

NuansaJambi.com, Jambi — Untuk meningkatkan pengawasan produk, makanan dan obat-obatan di beberapa wilayah, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jambi Ujang Supriyatna mengatakan pada tahun ini akan membuka kantor balai baru di Kota Sungai Penuh.

“Dengan adanya balai baru yang tadinya memakan waktu tempuh 10 hingga 12 jam dari Sungai Penuh ke kantor Balai POM provinsi Jambi maka dapat dilakukan di balai baru,” kata Ujang. Selasa (16/1).

Ujang berharap kedepan jangkauan BPOM Jambi semakin diperluas bahkan hingga ke pelosok. Dengan adanya kantor balai baru, akan mampu mengcover pengawasan terhadap produk makanan, minuman, obat dan kosmetik lebih intensif diwilayah sekitar.

“Bisa jadi dari 11 kabupaten /kota dalam provinsi jambi 5 atau 6 kabupaten dipegang BPOM wilayah 1 atau wilayah 2,” pungkasnya.

Dijelaskannya, Pemkot Sungai Penuh mendukung untuk keberadaan balai baru yang berada diwilayahnya, mendapat sambutan positif bahkan pemkot Sungai Penuh mengaku siap menyediakan lahan.

Untuk diketahui, pembukaan kantor balai BPOM baru tersebut dilakukan karena menindaklanjuti Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2017 Tentang Penindakan Efektifitas Pengawasan Obat dan Makanan serta Perpres tentang struktur Badan POM, tahun ini setidaknya ada 40 wilayah di Indonesia yang akan berdiri kantor Perwakilan BPOM untuk Kabupaten/Kota. Dalam hal ini untuk Provinsi Jambi akan berdiri satu kantor balai baru.

(Sanca)