​Setelah 5 Hari, Akhirnya Air PDAM Tirta Mayang Kembali Mengalir

NuansaJambi.com, KOTAJAMBI – Akhirnya, sejumlah warga Kota Jambi dapat tersenyum kembali setelah mengalami krisis air bersih selama 5 (Lima) hari. Pasalnya, air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mayang kembali mengalir hari ini, Jumat (23/6). 

Setelah sempat terhentinya distribusi air dari PDAM Tirta Mayang ke rumah sejumlah wilayah di Kota Jambi. Akhirnya, mulai hari ini, Jumat (23/6) air dari PDAM Tirta Mayang kembali lancar atau normal seperti yang dirasakan warga di Kelurahan Sungai Putri, Kota Jambi. 

“Alhamdulillah, akhirnya mengalir juga air dari PDAM. Air di Bak Mandi juga sudah habis, sangat kesusahan kami kalau tidak ada air bersih dirumah,” kata seorang warga di Lorong Kas, Sungai Putri, Ade Akbar kepada NuansaJambi.com, Jumat (23/6). 

Saat ini, meski air kembali mengucur dari keran mereka namum intensitasnya belum terlalu lancar. “Alhamdulillah, airnya sudah mengalir. Tapi sempat mati lagi tadi. Tapi sekarang sudah agak lancar,” sebutnya.

Sore harinya, kata Ade, air sempat mengalir dengan lancar. Saking senangnya karena penderitaannya berakhir, Ade pun langsung mengabari warga lainnya. Hanya saja, 10 menit kemudian, air kembali mati. Selang beberapa lama kemudian, air kembali mengalir, hingga sekarang. “Meski masih kurang lancar, kami sudah bersyukur, semoga saja tidak mati-mati lagi,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapakan, Angga, dimana dengan mengalirnya air PDAM ini dia mengaku bersyukur karena bak airnya bisa terisi kembali. Angga pun bisa menikmati air bersih itu setelah sebelumnya memakai air galon yang harus dibelinya di depan lorong rumahnya.

Warga lainnya, salah satu warga RT 07, Kelurahan Sungai Putri, Iwan bersyukur air PDAM kembali mengalir ke rumah warga. Dia lega tidak perlu lagi mengambil air ke luar rumah. Warga tinggal memutar keran di rumah masing-masing untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Selain tidak perlu membeli air galon untuk keperluan mandi dan lain-lain, Iwan menyampakan alasan lain warga menyambut gembira distribusi air dari PDAM kembali normal, yakni karena tidak usah lagi mengeluarkan uang untuk membeli air galon. Menurutnya, warga sempat beberapa hari terakhir membeli air galon selama distribusi air PDAM macet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Masyarakat menyambut gembira atas distribusi air dari PDAM ke rumah mereka kembali normal. Masyarakat juga sangat berharap PDAM konsisten dalam memberikan pelayanan kepada warga. 

Sementara itu, Kepala PDAM Tirta Mayang Erwin menyampaikan bahwa memang sempat ada sedikit masalah karena pipa yang bocor. Namun sudah diantisipasi agar tidak menimbulkan keresahan masyarakat lagi. “Ya, mulai hari ini, Jumat (23/6), distribusi air dari sudah kembali normal,” ungkapnya.

“Sekarang ini pompa sudah diaktifkan secara perlahan dan anggota tim disebar di beberapa titik kawasan untuk mengetahui sampai sejauh mana air telah mengalir. Insya Allah semua bisa selesai, semoga besok pelanggan semua sudah bisa menikmati air secara normal kembali,” kata Erwin. 

(Bahara Jati)