Riau Resmi Berstatus Siaga Darurat Karhutla, Jambi belum Tetapkan Status

Foto: Ilustrasi

NuansaJambi.com – Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) untuk Provinsi Riau. Selasa (24/1/2017).

“Mulai saat ini status siaga darurat Karhutla mulai kita tetapkan untuk mengantisipasi terjadinya karhutla lebih banyak. Dan segera dilakukan langkah-langkah strategis lanjutan untuk melaksanakannya,” kata gubernur yang disapa Andi Rachman dalam Rakorda penetapan status siaga darurat karhutla Riau 2017 di Kantor Gubernur Riau, Selasa, 24 Januari 2017, dikutip dari riauonline.co.id.

Seperti dikutip dari riauonline.co.id, Penetapan status siaga darurat Karhutla oleh Gubernur Riau, berlaku selama 96 hari mendatang hingga April 2017.

Sebelumnya, Senin, (23/1), Presiden Jokowidodo beserta Kementrian terkait, mengundang Gubernur dan Bupati daerah rawan bencana Karhutla, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah untuk mengadakan rapat terkait pencegahan Karhutla di Istana Negara, salah satu pembahasan rapat tersebut, Jokowi mengintruksikan kepada Kepala Daerah agar dapat menetapkan status siaga darurat Karhutla sedini mungkin.

Provinsi Riau pertama kali menetapkan siaga Karhutla di 2017, di Provinsi Jambi Sendiri belum ada ditetapkan status siaga darurat Karhutla, beberapa hari lalu (23/1), Gubernur Jambi Zumi Zola menyatakan akan segera menetapkan status siaga darurat Karhutla.

Selain itu, dari Lima Provinsi daerah rawan Karhutla, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah juga belum menetapkan status siaga tersebut.

(SW)